Assalamualaikum wr.wb. Welcome To My Blog Copyright @rhandiki.com

Sonia Bocah Ajaib, 10 Tahun Fasih 10 Bahasa

London - Bocah ini baru berusia 10 tahun, tapi Sonia Yang sudah menguasai 10 bahasa dunia. Pelajar sekolah dasar ini menjadi linguis terbaik di Inggris. Seperti dikutip situs Dailymail, Kamis 20 Oktober 2011, dia mempesona para guru dan juri dengan pengetahuan bahasanya.
sonia 10 bahasa

Sonia merupakan pelajar sekolah dasar di Greenbank Preparatory School Stockport. Keluarganya pindah dan menyekolahkan Sonia di Inggris. Ketika tiba di Inggris, Sonia sudah fasih bahasa Jepang, Cina, Inggris dan bahasa ibu Taiwan. Setelah tinggal di Inggris, Sonia bisa bicara Jerman, Prancis, Spanyol, Portugis. Dia juga bisa bahasa Kazakh dan bahasa Uganda, Luganda.

Perlombaan berbahasa bagi anak digelar di wilayah north west Inggris menghadirkan 5.000 pelajar. Mereka diuji soal pengetahuan berbahasa dan kemampuan menyerap kosa kata baru. Sonia, mampu melewati tantangan satu per satu dengan mudah. Bocah berambut kepang ini bisa dengan mudah melewati tes bahasa Jerman, Prancis, Spanyol dengan beragam tingkatan. Sonia juga melewati tes menguasai bahasa Kazakh dan Portugis.

Terakhir, Sonia mendapat tantangan belajar Luganda dalam beberapa minggu. Wow, Sonia membuat juri terkagum-kagum. Sania melaju ke babak final lomba bahasa yang akan digelar di London.

Bagaimana bocah 10 tahun ini menguasai Luganda dalam waktu singkat?

"Luganda lebih mudah bagi saya ketimbang orang Inggris karena ada beberapa kata yang memiliki kesamaan dengan bahasa Taiwan," kata Sonia. "Bahasa Inggris tetap menjadi favorit saya karena semua orang akan mengerti".

Heather Burnett, wakil kepala sekolah, mengatakan Sonia merupakan siswi cerdas dan pekerja keras. "Dia memang bintang," ucapnya.

Keluarga Sonia pindah ke Inggris karena ingin mendapatkan pendidikan terbaik. "Kami senang mereka memilih sekolah tepat, Greenbank," ujar Burnett.

Sumber : tempointeraktif.com